Kamis, 19 Agustus 2021

DESAIN MEDIA INTERAKTIF KELAS XII MULTIMEDIA (PERTEMUA 2)

B. Jenis Multimedia Interaktif

Menurut Suyanto (seperti dikutip Benardo, 2011), jenis multimedia interaktif terbagi menjadi dua bagian.

 
1. Multimedia Interaktif Online

Multimedia interaktif online adalah media interaktif yang cara penyampaiannya
melalui jalur/kawat/saluran/jaringan. Contohnya, situs web, Yahoo Messengers, dan sebagainya. Jenis media ini termasuk media lini atas yang komunitas sasarannya luas dan mencakup masyarakat luas.

 
2. Multimedia Interaktif Offline

Multimedia interaktif offline adalah media interaktif yang cara penyampainnya tidak
melalui jalur/kawat/saluran/jaringan. Contohnya, CD interaktif, company profile, dan media pembeajaran. Media ini termasuk media lini bawah, karena sasarannya tidak terlalu luas dan hanya mencakup masyarakat pada daerah tertentu saja.

C. Manfaat Multimedia Interaktif

Berikut ini manfaat multimedia interaktif dalam bidang pendidikan khususnya pembelajaran.

 1. Proses pembelajaran lebih menarik. 

 2. Lebih interaktif. 

 3. Jumlah waktu mengajar dapat dikurangi. 

 4. Kualitas belajar dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di   mana dan         kapan saja serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.Adapun keunggulan multimedia                    dalam hal pembelajaran dapat dijabarkan sebagai berikut. 

    1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman,                           bakteri, elektron, dan lain-lain.
    2. Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah,                           seperti gajah, rumah, gunung, dan lain-lain.
    3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit, dan berlangsung cepat atau                        lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya Planet Mars,                    berkembangnya bunga, dan lain-lain.    
    4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju,
        dan lain-lain.
    5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi,                               harimau, racun, dan lain-lain. 
    6. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa. 
 
Secara umum, manfaat multimedia interaktif dapat dijadikan untuk media: 
    1. promosi (company profile, iklan)
    2. tutorial (panduan penggunaan alat)
    3. hiburan (game); dan lain-lain. 
 
                                            Gambar 1.4 Ilustrasi seseorang menggunakan virtual reality
                                                                                            Sumber: Metamorworks, 2018

Multimedia memiliki manfaat yang beragam, seperti penggunaan di bawah ini.

1. Industri Kreatif
Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari seni untuk hiburan maupun seni untuk komersial.
 
2. Komersial
Presentasi yang menarik digunakan untuk menjaga perhatian dalam periklanan. Bisnis dan komunikasi seringkali dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk menawarkan atau menjual ide maupun dalam pelatihan berbentuk presentasi multimedia.
 
3. Hiburan dan Seni Rupa
Selain itu, multimedia ini berisi banyak hal yang digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan populer dalam multimedia sebagaimana permainan dan program perangkat lunak yang telah tersedia baik terdistribusi dalam CD-ROM atau online. Beberapa video games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi.
 
4. Pendidikan
Dalam pendidik an, multimedia digunak an untuk memproduksi pelatihan berbasis komputer dan buku referensi seperti ensiklopedia dan almanacs yang memungkinkan pengguna melalui serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan gambar yang terkait dalam berbagai format informasi. Informal edutainment adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan penggabungan pendidikan dengan hiburan multimedia. Belajar teori dalam dekade terakhir telah berkembang dramatis karena pengenalan multimedia.
 
5. Teknik
Perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam menciptakan simulasi komputer sebagai hiburan dan pelatihan, seperti pelatihan militer dan industri. Multimedia sebagai desain antarmuka yang sering dilakukan sebagai sebuah kolaborasi antara kreativitas dan perangkat lunak.
 
6. Perindustrian
Pada sektor industri, multimedia digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang saham, rekan kerja, dan atasan. Multimedia ini juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan, dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tidak terbatas melalui web berbasis teknologi.

7.
Matematika dan Penelitian Ilmiah
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk

modelling
dan simulasi. Misalnya, seorang ilmuwan bisa melihat pada model molekular tertentu dari substansi dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian dapat ditemukan pada jurnal seperti Journal of Multimedia.
 
8.
Kesehatan
Dalam pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat virtual operasi atau mereka
dapat menyimulasikan bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.
 
9.
Gambar Dokumen
Pengambil
foto copy/dokumen dan mengonversi ke dalam format digital.


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar